Ini Instruksi FIFA kepada PSSI Soal Piala Dunia U-20 2021

Waktumain88.com – Ini Instruksi FIFA kepada PSSI Soal Piala Dunia U-20 2021 – Gelaran akbar Piala Dunia U-20 2021 di Indonesia tinggal satu tahun lagi, PSSI pun mendapatkan arahan dari Badan Sepakbola Dunia (FIFA) dalam mempersiapkan ajang itu.

Apalagi dengan adanya situasi pandemi virus corona saat ini, persiapan pun mulai tersendat.

Pelaksana tugas Sekretaris Jenderal PSSI, Yunus Nusi, mengatakan, instruksi FIFA kepada PSSI adalah untuk terus menyiapkan stadion dan fasilitas lain.

PSSI belum mengumumkan secara resmi enam stadion yang akan dipakai di Piala Dunia U-20 tahun 2021. Namun, dalam surat dari FIFA bertanggal 14 April 2020 yang ditandatangani Chief Tournaments and Events Officer Colin Smith, FIFA menyebut bahwa, sesuai dengan proposal pengajuan tuan rumah, wilayah Jakarta, Bogor, Yogyakarta, Surakarta, Surabaya, dan Bali diutamakan menjadi tempat pelaksanaan Piala Dunia U-20 tahun 2021.

Sebelumnya, ada 11 stadion yang ditetapkan PSSI sebagai kandidat arena Piala Dunia U-20 tahun 2021. Mereka adalah Stadion Utama Gelora Bung Karno (Jakarta), Stadion Pakansari (Bogor), Stadion Manahan (Surakarta), Stadion I Wayan Dipta (Bali), Stadion Gelora Bung Tomo (Surabaya), Stadion Mandala Krida (Yogyakarta), Stadion Gelora Sriwijaya (Palembang), Stadion Wibawa Mukti (Bekasi), Stadion Patriot Candrabhaga (Bekasi), Stadion Si Jalak Harupat (Bandung), dan Stadion Utama Riau (Pekanbaru).

Selain soal stadion, Yunus melanjutkan, dalam pertemuan itu PSSI juga melaporkan persiapan penyelenggaraan Piala Dunia U-20 2021 di Indonesia.

“Kami mengirimkan ‘update’ dan melaporkan perkembangan situasi terkini di Indonesia kepada FIFA. FIFA menyambut baik tentang laporan kami. Selanjutnya mereka akan terus melakukan korespondensi dan rapat bersama PSSI terkait persiapan Piala Dunia U-20,” kata pria yang juga menjabat anggota Komite Eksekutif PSSI itu.

Sebelumnya  PSSI melakuakan pertemuan daring dengan FIFA terkait dengan persiapan Piala Dunia U-20 2021, Senin (11/5/2020). Pertemuan itu berlansung selama dua jam.

Pada pertemuan itu, PSSI diwakili oleh Plt Sekjen, Yunus Nusi, dan Wasekjen, Maaike Ira Puspita. Sementara dari perwakilan FIFA yakni Roberto Grassi (Head of Youth Tournament), Christian Schmolzer (Men’s Tournament Manager), dan Gian Keller (Youth Tournament Coordinator).

“Kami mengirimkan update dan melaporkan perkembangan situasi terkini di Indonesia kepada FIFA. Dan FIFA menyambut baik tentang laporan kami, selanjutnya mereka akan terus melakukan korespondensi dan meeting bersama PSSI terkait persiapan Piala Dunia,” kata Yunus dari laman resmi PSSI.

Yunus menambahkan bahwa FIFA telah menginventaris enam stadion yang akan menjadi venue Piala Dunia U-20 2021. Untuk itu, FIFA berharap agar pembangunan stadion ini selalu dimonitor dan dikerjakan dengan maksimal. FIFA juga maklum dengan kondisi pandemi virus corona (Covid-19).

“PSSI akan segera menyempurnakan struktur kepanitiaan untuk segera dilaporkan kepada FIFA, agar mempermudah jalur korespondensi dan koordinasi demi persiapan Piala Dunia U-20 2021,” jelas Yunus.

“Ketua Umum PSSI juga telah mengarahkan kami agar segera melaporkan ke Kementerian terkait tentang hasil meeting FIFA dan PSSI yang baru saja dilaksanakan,”

“Ketua Umum PSSI juga telah mengarahkan kami agar segera melaporkan ke Kementerian terkait tentang hasil meeting FIFA dan PSSI yang baru saja dilaksanakan,” tukasnya.

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to top