Mike Ashley Relakan Newcastle dengan Harga Miring

Waktumain88.com – Mike Ashley Relakan Newcastle dengan Harga Miring –  Mike Ashley siap melepas kepemilikan klub Newcastle United dengan potongan harga siapapun yang ingin mengakuisisi klub berjuluk the Magpies ini. Investor yang hendak membeli Newcastle mendapat sokongan dana dari Putra Mahkota Arab Saudi, Mohammed bin Salman.

Mike Ashley membeli Newcastle pada Juli 2007 silam. Ketika itu, Mike Ashley harus membayar 134 juta pounds untuk bisa menguasai saham The Magpies dari pemilik sebelumnya yakni Freddy Shepherd dan Sir John Hall.

Di bawah kepemimpinan Mike Ashley, Newcastle tidak mampu bersaing di papan atas klasemen Premier League. Bahkan, klub pernah berada di situasi yang sulit karena terdegradasi. Namun, mereka mampu kembali ke Premier League.

Mike Ashley belakangan mulai berniat untuk melepas kepemilikan di Newcastle. Pada Januari 2018 lalu, negosiasi dengan investor sudah dimulai. Namun, jalan Mike Ashley untuk menjual Newcastle tidak berjalan mulus.

Putra Mahkota Arab Saudi, Mohammed bin Salman, diketahui sejak lama ingin membeli klub sepak bola di Inggris. Mohammed bin Salman sempat menawar Manchester United pada Oktober 2018 lalu, tetapi ditolak Keluarga Glazer sebagai pemilik.

Nah, kini impian Mohammed bin Salman untuk memiliki klub asal Inggris bakal terwujud. Dia memang tidak turun langsung dalam proses akuisisi Newcastle. Namun, dukungan dari Mohammed bin Salman dan Arab Saudi hadir lewat perusahaan Saudi Arabia Public Investment.

Saudi Arabia Public Investment berada di belakang Amanda Staveley yang memimpin konsorsium perusahaan yang akan membeli Newcastle.

Mike Ashley membuka jalan lebar untuk investor yang masuk. Dia rela memotong harga jual Newcastle. Semula, klub hanya akan dijual dengan harga 340 juta pounds, tetapi kini menjadi 300 juta pounds saja. Selain itu, Mike Ashley juga siap memberi pinjaman dana pada Amanda Staveley untuk merampungkan transaksi.

Nantinya, dana pinjaman dari Mike Ashley bisa dipakai untuk membeli 10 persen saham Newcastle.Proses akuisisi kini sudah dilaporkan ke pihak Premier League dan sedang dalam proses pengawasan. Andai mendapat restu dari pihak Premier League, maka Newcastle resmi menjadi miliki konsorsium yang dipimpin Amanda Staveley dan didukung Mohammed bin Salman.

Amanda Staveley bukan sosok yang asing di sepak bola Inggris. Perempuan 47 tahun tersebut punya reputasi mentereng di bidang keuangan. Dia sudah memulai upaya untuk membeli Newcastle pada 2017, tetapi ditolak.

Amanda Staveley pula yang membantu Sheikh Mansour dari Abu Dhabi membeli Manchester City.

Sumber: The Sun

 

 

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to top