PSSI dan PT LIB Siap Jadwal Ulang Liga 1 2020

Waktumain88.com – PSSI dan PT LIB Siap Jadwal Ulang Liga 1 2020 – Setelah menetapkan status force majeure Shopee Liga 1 dan Liga 2, PSSI kini berjanji akan segera membuat jadwal ulang kedua kompetisi tersebut.

Status force majeure tertuang dalam dalam surat nomor 48/SKEP/III/2020 yang ditandatangani , pada 27 Maret 2020. Liga 1 dan Liga 2 ditangguhkan dari Bulan Maret hingga Juni.

Keputusan ini mengacu ke Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) yang menetapkan status bencana nasional hingga 29 Mei. Artinya kompetisi tak bisa bergulir selama periode di atas.

Penjadwalan ulang sangat bergantung dengan keputusan pemerintah dan situasi ke depannya. PSSI berjanji akan berkoordinasi dengan PT Liga Indonesia Baru (LIB) andai kompetisi sudah bisa digelar lagi.

“Hal-hal terkait teknis, termasuk penjadwalan, sistem dan format kompetisi, kewajiban klub pada pihak ketiga, promosi dan degradasi, akan saya atur kemudian pada surat keputusan terpisah,” kata Mochamad Iriawan dikutip dari laman resmi federasi.

“Apabila status keadaan tertentu darurat bencana tidak diperpanjang oleh pemerintah, maka PSSI menginstruksikan PT LIB untuk dapat melanjutkan Shopee Liga 1 dan Liga 2 terhitung mulai 1 Juli 2020.”

Iriawan pun berpesan bahwa situasi sulit ini harus diperangi bersama. Salah satunya dengan menaati imbauan pemerintah agar masyarakat di rumah saja selama masa-masa penyebaran virus corona.

Sepakbola sangat terdampak dengan wabah yang pertama kali teridentifikasi di Wuhan, China, itu. Bukan cuma sepakbola, namun tatanan sosial secara global.

“Kita semua harus berbesar hati. Ini adalah kondisi darurat yang melanda umat manusia di dunia,” tutur pria yang juga Sekretaris Utama (Sestama) Lembaga Ketahanan Nasional (Lemhannas) itu.

“Mari kita saling bergandeng tangan, tanpa saling menyalahkan. Jika kita kompak dan bersatu, kita akan kuat, bersama melewati ujian ini,” ucapnya berpesan.

Sementara Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, menyampaikan surat terbuka yang berisikan pernyataan mundur dari jabatannya sebagai Sekretaris Utama Lemhannas Republik Indonesia.

Surat tersebut diupload Iwan Bule sapaan akrab Mochamad Iriawan melalui akun instagram pribadinya, Senin (30/3/2020) malam WIB.

Iwan Bule telah menjabat menjadi Sekretaris Utama Lemhannas Republik Indonesia selama dua tahun sejak 2018 hingga 2020.

Saat ini tugasnya akan dilanjutkan oleh Irjen. Pol. Didid Widjanardi.

Iwan Bule mengucapkan rasa terima kasih atas kerjasamanya yang telah diberikan kepadanya selama menjabat sebagai Sekretaris Utama Lemhannas Republik Indonesia.

Pria berusia 57 tahun itu sekarang ini memilih fokus memimpin PSSI hingga 2023.

Sebelumnya, Iwan Bule sempat memiliki dua jabatan saat menjadi ketua umum PSSI.

Saat itu, posisinya masih aktif sebagai Sekretaris Utama Lemhannas Republik Indonesia dan akhirnya masa jabatannya itu telah berakhir.

Tugas Iwan Bule bersama PSSI tentu akan berat. Sebab, di eranya nanti, Indonesia akan bertindak sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 2021.

Sebelum ke Piala Dunia U-20 2021, Iwan Bule sekarang ini tengah fokus memutuskan masa depan kompetisi Shopee Liga 1 2020 dan Liga 2 2020.

Sebab, PSSI sudah memutuskan untuk menunda kompetisi di Indonesia itu sampai 29 Mei 2020 akibat pandemi virus corona.

Jika Pemerintah Indonesia tidak memperpanjang status gawat darurat pada 29 Mei 2020, maka kompetisi akan bergulir kembali 1 Juli 2020.

Namun sebaliknya, kompetisi sepak bola Indonesia akan berhenti bila pemerintah memperpanjang status gawat darurat.

Berikut surat terbuka Iwan Bule yang dikutip BolaSport.com dari akun instagramnya.

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Salam Sejahtera, Shalom, Om Swatiastu, Namo buddhaya, Salam Kebajikan.

Sehubungan dengan Berakhirnya masa Kedinasan saya di Institusi Kepolisian Negara RI dan berakhirnya Jabatan sebagai Sekretaris Utama Lemhannas RI, dengan segala kerendahan hati, pada kesempatan ini saya mengucapkan Terima kasih yang setulus tulusnya atas segala Perhatian, Bantuan dan Kerjasama yang telah diberikan kepada Saya selama ini. Semoga rasa Kebersamaan Persaudaraan dan Silaturahim yang telah kita lalui selama ini akan tetap terjaga dengan baik.

Sebagai manusia biasa, saya yakin dan percaya bahwa pada diri saya dalam Kedinasan tidak luput dari Kekurangan, Kekilafan, dan Kesalahan baik dalam hubungan Organisasi maupun dalam pergaulan sehari hari, untuk itu dari lubuk hati yang paling dalam saya mohon maaf yang sebesar besarnya.

Selanjutnya saya dan Keluarga Mohon Doa Restu atas Amanah dan tanggung jawab jabatan yang diberikan kepada saya sebagai Ketua Umum PSSI Periode 2019 s/d 2023 merangkap Jabatan sebagai Anggota Tim Ahli Wakil Presiden Republik Indonesia Periode Th 2019 – 2024.

Semoga Tuhan YME , Senantiasa melimpahkan Keselamatan, Rahmat dan Hidayahnya kepada kita semua dalam pengabdian kita kepada Bangsa dan Negara.

wassalamu’ alaikum warahmatullahi wabarakatuh.
.
Komjen Pol Dr. Drs. H. MOCHAMAD IRIAWAN, S.H., M.M., M.H.

 

 

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to top