Respon PSSI Akan Rencana PT LIB Soal Pembatalkan Shopee Liga 1 dan Liga 2 2020

Waktumain88.com – Respon PSSI Akan Rencana PT LIB Soal Pembatalkan Shopee Liga 1 dan Liga 2 2020 – PT Liga Indonesia Baru (LIB) selaku operator kompetisi mengajukan agar PSSI membatalkan Shopee Liga 1 dan Liga 2 2020. Kebijakan itu diambil LIB setelah jajaran direksi dan komisarisnya menggelar rapat pada 30 April lalu.

Dasar pertimbangan untuk tak melanjutkan kompetisi beda kasta itu tertuang dalam surat LIB bernomor 187/LIB-COR/V/2020. Satu di antaranya karena mempertimbangkan saran dari klub-klub peserta.

“Berdasarkan surat LIB yaitu tanggal 1 Mei 2020, sebanyak 18 klub terdiri dari 5 klub Liga 1 dan 13 klub Liga 2, hasil masukan pada umumnya menyarankan kompetisi Liga tahun 2020 untuk tidak dilanjutkan atau dihentikan,” tulis Cucu Soemantri selaku Direktur Utama LIB.

Adapun, Shopee Liga 1 dan Liga 2 musim ini sudah ditangguhkan PSSI sejak pertengahan Maret lalu dengan status force majeure. Penyebabnya adalah pandemi virus corona yang semakin merajalela di Tanah Air.

Selain pembatalan kompetisi, LIB juga meminta pengurangan subsidi. Untuk klub Liga 1, akan dibayar sebesar 67 persen atas kontribusi komersial tahap dua dengan nilai masing-masing Rp350 juta. Sementara tim Liga 2 mendapat masing-masing Rp100 juta atas pembayaran kontribusi komersil sebesar 40 persen.

Sementara itu, surat dari LIB sudah dibalas PSSI. Dalam surat yang ditandatangani oleh Yunus Nusi selaku Plt Sekjen, PSSI menyatakan tetap berpedoman pada keputusan pemerintah tentang Status Keadaan Tertentu Darurat Bencana virus corona.

Itu artinya, PSSI masih menunggu keputusan pemerintah sebelum memutuskan apakah menerima atau menolak saran LIB. Adapun, Status Keadaan Tertentu Darurat Bencana virus corona akan berakhir pada 29 Mei mendatang.

 

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to top