Wander Luiz, Striker Persib Terpapar Virus Corona

 

Waktumain88.com –  Wander Luiz, Striker Persib Terpapar Virus Corona – Persib Bandung mengumumkan salah satu pemain mereka positif terinfeksi virus corona sesuai rilis resmi klub pada Jumat (27/3).

Pemain tersebut sekarang dalam kondisi tanpa gejala dan sedang menjalani isolasi mandiri yang dipantau tim dokter Maung Bandung sesuai dengan anjuran pemerintah.

“Sesuai dengan izin pasien, dapat saya sampaikan yang bersangkutan sedang dalam keadaan normal dan tidak menunjukkan gejala apapun. Setelah diketahui positif, kami selaku tim dokter langsung meminta dia untuk melakukan isolasi mandiri dan akan kami terus pantau kondisi kesehatannya,” ujar Raffi Ghani, dokter tim Persib.

Setelah peristiwa ini, pemain dan ofisial Persib akan melakukan karantina di rumah sesuai dengan protokol kesehatan. Jadwal latihan reguler Persib juga akan ditangguhkan sampai dengan isolasi mandiri selesai dilakukan.

“Saat kami diberi tahu bahwa salah satu pemain kami didiagnosis COVID-19, kami langsung meminta pemain tersebut melakukan isolasi mandiri. Tidak hanya itu, kami juga telah menginformasikan hal ini kepada pihak yang berwenang supaya bisa menekan risiko penyebaran COVID-19 dengan cara membantu mereka melakukan penelusuran kontak (contact tracing),” kata Glenn Sugita, Direktur Utama Persib.

“Kesehatan dan keselamatan semua pemain, ofisial dan fan Persib adalah yang utama bagi kami. Oleh karena itu, kami juga meminta bobotoh-fan setia kami terus mengikuti anjuran pemerintah untuk bekerja dari rumah, dan belajar dari rumah, guna menekan risiko penyebaran COVID-19,” ungkapnya.

Manajemen Persib memberikan keterangan mengenai pemain mereka, Wander Luiz, yang terpapar virus corona.

Pemain asing anyar Persib Bandung, Wander Luiz, menjadi pesepak bola pertama di Indonesia yang terjangkit Covid-19.

Sebelumnya, Persib sempat lebih dulu mengungkapkan kalau salah satu pemainnya terjangkut virus corona. Namun, identitas personel itu belum diungkapkan oleh Maung Bandung.

Baru pada Jumat (27/3/2020) malam WIB, Wander Luiz mengumumkan lewat Instagram pribadinya bahwa ia positif corona walau tidak menunjukkan gejala.

“Halo bobotoh, jadi saya kembali melakukan tes corona dan hasilnya positif. Tetapi saya merasa baik-baik saja, tidak ada gejala,” tulis Wander Luiz dalam keterangan videonya.

“Saya juga mengikuti pedoman, saya telah mengisolasi diri saya sendiri, jadi saya berharap setiap orang baik-baik saja.”

Konfirmasi ini datang hanya 12 hari setelah Maung Bandung menghadapi PSS Sleman di hadapan pendukung yang memadati Stadion Si Jalak Harupat pada 15 Maret 2020.

Berikut adalah kronologi kejadian terkait antisipasi Covid-19 setelah laga Shopee Liga 1 2020 yang dimenangkan oleh Maung Bandung dengan skor 2-0 tersebut berdasarkan keterangan dari manajemen Persib.

15 Maret

Persib menggelar pertandingan Shopee Liga 1 2020 melawan PSS Sleman di Stadion Si Jalak Harupat.

Laga yang datang tepat sehari setelah ulang tahun ke-87 Persib Bandung itu tetap digelar dengan melibatkan massa dalam jumlah besar.

Padahal, Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, mengimbau pertandingan dilakukan tanpa penonton terkait pandemi virus corona.

Pertandingan tersebut menjadi laga terakhir Shopee Liga 1 2020 setelah kompetisi ditunda.

16 Maret

Dinkes Jabar gelar tes Covid-19 terhadap 10 pemain Persib dan dua ofisial di Graha Persib:

  1. Nick Kuipers
    2. Victor Igbonefo
    3. Geoffrey Castillion
    4. Febri Hariyadi
    5. Henhen Herdiana
    6. Erwin Ramdani
    7. Dedi Kusnandar
    8. Kim Jeffrey Kurniawan
    9. Zalnando
    10. Abdul Azis
    11. Dr Rafi Ghani (dokter tim)
    12. Kuswara S Taryono (komisaris PT PBB)

17 Maret

Tiga pemain Persib bepergian keluar negeri setelah Shopee Liga 1 2020 ditunda. Geofrey Castillion mudik ke Belanda dan Omid Nazari pulang ke Manila, Filipina.

Sedangkan Wander Luiz berlibur ke Bali. Pemain lainnya istirahat di rumah masing-masing.

18 Maret

Hasil tes pertama keluar, 10 pemain serta 2 ofisial yang diperiksa negatif virus corona.

19 Maret

Pemain Persib kembali berlatih setelah libur selama tiga hari. Latihan digelar di Stadion Siliwangi, Kota Bandung. Latihan tertutup untuk bobotoh, tapi masih terbuka untuk wartawan.

Luiz dan Omid sudah kembali berlatih. Pelatih Robert Alberts masih berada di Malaysia. Omid mengaku saat pulang negaranya tengah lockdown. Dokter tim mengklaim kondisi kesehatan Omid baik-baik saja sepulang mudik.

21 Maret

Geoffrey Castillion kembali ke Bandung dari Belanda. Eropa bergeser menggantikan China sebagai pusat pandemi virus corona.

Dia terjebak dan sempat bermalam di Singapura karena tidak sembarangan bisa masuk ke Indonesia.

Ketika ditanya apakah Castillion akan dikarantina, pelatih Robert Rene Alberts belum memutuskan.

“Saya tidak berpikir Castillion masuk dalam kategori itu (dikarantina),” ujar Robert ketika itu.

“Jika membaca regulasi, jika Anda datang dari negara seperti Jerman, Italia, atau Perancis itu ada aturan ketat harus dikarantina.”

“Namun, dari Belanda atau Singapura tidak masuk dalam kategori itu, atau mungkin belum,” kata Robert.

22 Maret

Castillion kembali berlatih secara terpisah di Inspire Arena, Lembang. Dia tidak dimainkan menghadapi Bandung United yang berakhir 4-1 untuk kemenangan Persib.

Castillion hanya berlatih ringan didampingi oleh fisioterapis tim. Pelatih Robert Alberts menyebut Castillion sangat kelelahan setelah menempuh perjalanan panjang.

24 Maret

PMI Kota Bandung melakukan penyemprotan disinfektan di Graha Persib, Mes Persib, toko resmi klub, kafe, dan radio.

26 Maret

Omid Nazari, Geoffrey Castillion, Fabiano Beltrame, dan Wander Luiz kembali melakukan tes Covid-19.

27 Maret

Persib mengumumkan satu pemainnya positif Covid-19. Pemain tersebut sekarang dalam kondisi tanpa gejala dan sedang menjalani isolasi mandiri yang dipantau tim dokter Persib sesuai dengan protokol pemerintah.

Manajemen menyediakan makanan dan kebutuhan sehari-hari bagi pemain tersebut. Manajemen siap membantu satgas covid untuk melakukan penelusuran kontak (contact tracking).

 

 

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to top